Rabu, 14 Oktober 2009

PERILAKU

Perilaku adalah suatu kegiatan atau aktivitas organisasi (mahluk hidup) yang bersangkutan (Notoatmodjo, 2003). Perilaku manusia adalah tindakan atau aktivitas berjalan, berbicara, menangis,tertawa, bekerja, kuliah, menulis, membaca, dan sebagainya (Notoatmodjo, 2003).
Dari segi biologis, perilaku adalah suatu kegiatan atau aktivitas manusia baik yang dapat diamati langsung maupun tidak dapat diamati oleh pihak luar (Notoatmodjo, 2003).
Menurut Lawrence Green (1980), dalam Notoatmodjo (2003), diuraikan bahwa masalah perilaku dipengaruhi oleh 3 faktor yaitu :
a. Faktor-faktor Predisposisi (predisposing factor)
Faktor yang mempermudah terjadinya perilaku meliputi : pengetahuan,sikap masyarakat terhadap kesehatan, tradisi dan kepercayaan masyarakat terhadap hal- hal yang berkaitan dengan kesehatan, system nilai yang dianut masyarakat, tingkat pendidikan, tingkat social ekonomi dan sebagai berikut.
b. Faktor- faktor pemungkin (Enabling factor)
Faktor yang memungkinkan perilaku meliputi, ketersediaan sarana kesehatan ketercapaian sarana ketrampilan yang berkaitan dengan kesehatan.
c. Faktor-faktor penguat (Reinforcing factor)
Faktor yang mendorong atau memperkuat terjadinya suatu perilaku yang meliputi yang meliputi, sikap dan praktek petugas lain misal tokoh agama, tokoh masyarakat, keluarga, guru dan lain-lain.
Teori WHO

Tim kerja WHO menganalisis bahwa yang menyebabkan seseorang itu berperilaku tertentu adalah karena adanya 4 alasan pokok yaitu: pemikiran dan perasaan ( thought and feeling ), yakni dalam bentuk pengetahuan, persepsi, sikap, kepercayaan-kepercayaan, dan penilaian-penilaian seseorang terhadap objek.
1) Pengetahuan
Pengetahuan diperoleh dari pengalaman sendiri atau pengalaman orang lain
2) Kepercayaan
Kepercayaan sering diambil dari orang tua, kakek atau nenek. Seseorang menerima kepercayaan itu berdasarkan keyakinan dan tanpa adanya pembuktian terlebih dahulu.
3) Sikap
Sikap menggambarkan suka atau tidak suka seseorang terhadap obyek, sikap sering diperoleh dari pengalaman sendiri atau orang lain yang paling dekat. Sikap membuat orang mendekati atau menjauhi orang lain atau obyek lain. Sikap positif terhadap nilai-nilai kesehatan tidak selalu terwujud positif dalam suatu tindakan nyata. Hal ini disebabkan oleh beberapa alasan antara lain:
a. Sikap akan terwujud didalam suatu tindakan tergantung pada situasi itu
b. Sikap akan diikuti atau tidak diikuti oleh tindakan yang mengacu kepada pengalaman orang lain
c. Sikap diikuti atau tidak diikuti oleh suatu tindakan berdasarkan pada banyak atau sedikitnya pengalaman seseorang
d. Nilai didalam suatu masyarakat apapun selalu berlaku nilai-nilai yang menjadi pegangan setiap orang dalam menyelenggarakan hidup bermasyarakat.
4) Orang penting sebagai referensi
Perilaku orang lebih banyak dipengaruhi oleh orang-orang yang dianggap penting yang sering disebut kelompok referensi antara lain guru, alim ulama, kepala adat ( suku ), kepala desa dan sebagainya.
5) Sumber-sumber daya ( resources )
Sumber daya disini mencakup fasilitas-fasilitas, uang, waktu, tenaga dan sebagainya
6) Perilaku normal, kebiasaan, nilai dan penggunaan sumber didalamsuatu masyarakat akan menghasilkan suatu pola hidup ( way of lise ) yang pada umumnya disebut kebudayaan.
Bentuk-bentuk perubahan perilaku
Menurut WHO ( 1984 ) perubahan perilaku itu dikelompokkan menjadi tiga:
a. Perubahan alamiah ( Natural Change )
Perilaku manusia selalu berubah, sebagian perubahan itu disebabkan karena kejadian alamiah. Apabila dalam masyarakat sekitar terjadi suatu perubahan lingkungan fisik atau social budaya dan ekonomi maka mengalami perubahan
b. Perubahan perilaku ini terjadi karena memang di rencanakan sendiri oleh subyek
c. Kesediaan untuk berubah
Apabila terjadi suatu inovasi atau program-program pembangunan di dalam masyarakat, maka yang sering terjadi adalah sebagian orang sangat cepat utuk menerima inovasi atau perubahan tersebut (berubah perilakunya) dan sebagain perubahan tersebut. Hal ini disebabkan setiap orang mempunyai kesediaan untuk berubah ( readiness to change ) yang berbeda-beda.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar